RSUP KANDOU GELAR WORKSHOP ECG FOR NURSE PRACTITIONER

Thu, 26 Sep, 2019


Mengingat kejadian penyakit jantung di Indonesia, khususnya di Propinsi Sulawesi Utara yang cukup tinggi yaitu menempati urutan pertama sebagai penyakit yang dapat menyebabkan kematian, maka diperlukan pengetahuan dan ketrampilan dari tenaga kesehatan khususnya perawat tentang ilmu Kardiovaskular, dan salah satu pemeriksaan penunjang yang sering di lakukan oleh perawat yaitu Electro Cardio Graphy (EKG), untuk itu penting bagi perawat memahami bahkan mampu menginterpretasi EKG tersebut. Berkaitan dengan hal tersebut Nursing Development yang bekerjasama dengan bidang keperawatan RSUP Prof. dr. R. D. Kandou Manado Menggelar Workshop dengan tema “ECG For Nurse Practitioner” 26 - 28 September 2019 di Aula Komkordik RSUP Prof. dr. R. D. Kandou Manado.
Kegiatan workshop ini bertujuan untuk memahami Konsep Dasar Keperawatan Kardiovaskuler serta Cara Perekaman dan Interpretasi EKG Normal dan juga Acute Coronary Syndrome, Disritmia, Ekstra Sistol, Blok serta Pembesaran Otot Jantung dan Axis Jantung
Plh. Direktur Utama dr. Celestinus Eigya Munthe, Sp.KJ, M.Kes, Didampingi Kepala Bidang Keperawatan Ns.Suwandi Luneto, S.Kep, M.Kes, Kepala Seksi Keperawatan Rawat Khusus Ns. Jeavery Bawotong, S.Kep, M.Kes, Kepala Seksi Keperawatan Rawat Jalan Ns. Adeleida Kaawoan, M.Kep. Sp.KMB serta Ketua Panitia Ns. Stevie Kumajas, M.Kep diikuti oleh 31 peserta yang berasal dari rumah sakit yang ada di Kota Manado, Minahasa, Bitung, Tomohon, Gorontalo dan Ratatotok.
Munthe dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya kepada bidang keperawatan yang sudah membuat divisi dalam bidang pengembangan keilmuan, “karena pada prinsipnya sebagai perawat-perawat professional, kita tidak pernah berhenti belajar selama kita menggeluti dunia keperawatan”.
Lanjut Munthe bahwa “Perkembangan teknologi semakin lama semakin bertambah atau dikenal dengan Hi-Tech oleh karena itu sebagai perawat profesional harus mampu mengejar perkembangan itu, dan salah satu caranya adalah lewat pelatihan atau workshop yang tujuannya adalah
meningkatkan kemampuan dalam memberikan pelayanan kepada pasien melalui pengenalan perkembangan teknologi.
Dikatakan pula ECG sendiri dulu hanyalah sebuah alat yang sederhana tetapi sekarang mengalami peningkatan. Dan RSUP Kandou sendiri dalam lima tahun kedepan memiliki rencana strategi dalam pengembangan arah dari pada rumah sakit ini. Karena RS Kandou ini merupakan rumah sakit rujukan, yang merupakan pusat dari pada semua penyelesaian masalah kesehatan yang ada di Sulawesi utara. Kita di RS Kandou merencanakan pada tahun 2020 fokus pada pelayanan pengembangan jantung terpadu, terutama yang berkaitan dengan gangguan irama jantung imbuhnya.
Sementara itu Ketua Panitia Ns. Stevie Kumajas, M.Kep menambahkan bahwa sebagai panitia “kami sangat berterima kasih kepada pihak manajemen rumah sakit yang telah mensupport kegiatan workshop ini yang merupakan juga sumbangsih dari bidang Keperawatan guna pengembangan rumah sakit Kandou yang berkaitan dengan tindakan Cardiovaskuler secara mandiri. Lanjut Stevie untuk menjawab program rumah sakit, bidang Keperawatan melakukan terobosan lewat kegiatan workshop ini dalam rangka kita menyediakan dan mengadakan Sumber Daya Manusia Keperawatan yang ada di RSUP Kandou maupun yang ada di institusi lain, untuk kiranya kita mensupport program RSUP Kandou, sehingga pengembangan rumah sakit ini betul-betul berdampak positif bagi kita semua dan juga sekaligus sebagai ajang promosi bagi RSUP Kandou agar lebih dikenal luas dengan adanya kegiatan mandiri yang sudah bisa dilakukan di RSUP Kandou dan tidak lagi harus keluar karena di RSUP Kandou sudah memiliki SDM, maupun peralatan yang memadai yang siap memberikan service bagi masyarakat jelas Stevi yang juga sebagai Kepala Instalasi Irina Anggrek satu RSUP Kandou Manado.
Kegiatan Workshop ini Pesertanya adalah perawat dan praktisi keperawatan lainnya yang ada di wilayah Propinsi Sulawesi Utara dan sekitarnya. Serta menghadirkan para narasumber yang sangat berkompeten dalam bidangnya diantaranya dr. Benny Setiadi, Sp.JP (K), FIHA, Ns. Frenly Muntu-untu, S.Kep, Ns. Jimmy Kamagi, S.Kep, Ns. Berty I. Kitong, S.Kep, Ns. Mardiyanti Malomis, S.Kep, MARS serta Ns. Richie Sanggel, S.Kep. (hukormas/ch*)