Hari Ini RSUP Kandou Gelar Seminar Live Streaming Dengan Topik Diagnosa dan Tata Laksana Covid 19 di Rumah Sakit

Fri, 08 Jan, 2021


RSUPKANDOU.COM, Manado--RSUP Prof RD Kandou,Jumat (08/01)
Gelar Seminar secara virtual Live Streaming Youtobe dengan topik Diagnosa dan Tata Laksana Covid 19 di Rumah Sakit yang di buka oleh Direktur Utama Dr. dr. Jimmy Panelewen, SpB-KBD,Tetapi juga sebagai ketua PERSI Sulut.

Dalam sambutannya Dirut memberikan apresiasi atas terlaksananya Seminar ini, Kersajama RSUP Kandou,PERSI dan IDI yang di fasilitasi oleh Sikumpro RSUP Kandou.
"Saya memberikan apresiasi Kepada teman-teman yang telah melaksanakan seminar daring ini
Yang bisa di ikuti sementara 875 peserta,
Angka yg cukup fantastis",ujar Dirut.

Menurut Dirut seminar ini dilakukan karena ada beberapa pertimbangan yang di pikirkan yang pertama adalah mulai terjadi peningkatan covid 19 baik di indonesia maupun di Sulawesi Utara (Sulut) sehingga mempengaruhi persediaan tempat tidur di Rumah-Rumah Sakit
"Di Rumah Sakit Kandou setelah kita menambah kapasitas tempat tidur untuk pelayanan Pasien covid 19 sejumlah 263 tempat tidur, Pada hari ini Jumat (08/01) data terakhir 155 pasien covid 19 itu artinya ada 58.9 persen tempat tidur yang digunakan untuk pasien Covid 19, dan ini menjadi kosentrasi bagi kita semua termasuk teman-teman di rumah sakit lain yang ada di Sulut, sehingga perlu dilakukan antisipasi agar kita tidak kewalahan untuk mengatasi lonjakan Pasien Covid 19" jelas Dirut.

Dari sisi strategi kata Dirut, Penanganan ini pasti ada pendekatan-pendekatan tertentu
Dalam menghadapi lonjakan pasien yang diperkirakam akan memuncak pada bulan januari,
"Maka Rumah Sakit harus berupaya keras untuk melakukan pembenahan dan persiapan termasuk Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di dalamnya,karena ini akan berdampak pada terganggunya pelayanan terhadap covid 19 apabila tidak ada persiapan bilamana kita menghadapi lonjakan pasien yang diperkirakan memunjak di januari ini maka selain teman-teman Rumah Sakit harus menyediakan jumlah tempat tidur yang lebih mungkin sekitar 30 persen dari total jumlah tempat tidur yang ada di Rumah Sakit, maka ada komponen komponen yang lain yang mengikuti yaitu SDM",ujar Dirut.

Direktur juga menyampaikan untuk mekanisme panambahan Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Rumah Sakit harus dipikirkan Pimpinan-pimpinan Rumah sakit,terkait kompetensi keilmuan yang ada di masing masing SDM yang bekerja di area pelayanan covid 19, juga sarana prasarana dan penyediaan obat bahan abis pakai , perubahan adaptasi terhadap sistem pelayanan
" Komponen-komponen ini harus dipikirkan kita semua yang di percayakan mengoprasionalkan Rumah Sakit, sehingga persi merasa perlu untuk melaksanakan seminar ini agar supaya bisa membantu kita semua termasuk Pimpinan pimpinan Rumah Sakit di Sulawesi Utara",ujarnya

Dirinya juga berharap agar dengan adanya seminar ini memberikan pemahaman baru terhadap tata laksana covid 19

"Saya berharap seminar ini bisa memberikan pemahaman baru kepada kita untuk perkembangan ilmuan dan regulasi terhadapp tata laksana covid 19 ,karena dalam konteks pelayanan ternyata kita masih berkutat dalam persoalan penolakan masyarakat terhadap keputusan klinis yang diberikan tenaga kesehatan, disaat kita menetapkan seseorang harus di rawat sesuai protokol covid 19, maka terjadi resistensi yang dilakukan oleh Pasien dan keluaraga, Sehingga menjadi beban tersendiri bagi Rumah Sakit maupun tenaga kesehatan,Untuk itu sangat penting bagi kita mengikuti materi mengenai komunikasi dan informasi tehadap Pelayanan Covid 19",tutupnya.

Seminar ini menghadirkan moderator sebagai berikut

Prof.Dr.dr.L.W.Rotty,Sp.PD-KHOM (Ketua program studi penyakit dalam fakultas kedokteran Universitas samratulangi).

Dr.dr. Ivonne Rotty,M.Kes. (Direktur SDM Pendidikan dan Umum RSUP Prof. Dr.R.D. Kandou Manado),dan Sekretaris PERSI Sulut.

dr.Jehezkiel Panjaitan (Direktur Pelayanan Medik,Keperawatan dan Penunjang RSUP Prof.Dr. R.D.Kandou Manado.

dr.Stephanus Agung Nugroho, Sp.Pd. KPTI (Ketua Divisi Penyakit Tropik RSUP Prof. Dr.R.D. Kandou Manado.

Dr.dr. Erwin.G.Kristanto,SH. Sp.FM.(K).(Ketua PMKP RSUP Prof.Dr.R.D. Kandou Manado)

dr B.J. Waleleng,Sp.PD.(Ketua SPI RSUP Prof. Dr.R.D. Kandou Manado)

dr.Steven.P Dandel, MPH.(Kabid Pencegahan, dan Pengendalian Penyakit.Dinas Kesehatan Provinsi SULUT.(Hukormas)