RSUP KANDOU DUKUNG PENUH HARI KESEHATAN JIWA SEDUNIA 2018

Wed, 10 Oct, 2018


Rumah Sakit Prof Kandou Manado mendukung penuh puncak peringatan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia 2018 di Provinsi Sulawesi Utara.
Direktur Keuangan dan Administrasi Umum Dewi Anggraini, SE, MM didampingi Kabag Perbendaharaan dan Akuntansi Welmin Pontoh, SE pun ikut meramaikan pelaksanaan kegiatan yang dipusatkan di Atrium Manado Town Square (Mantos) 3, Rabu (10/10/2018).
Puncak peringatan tersebut dibuka oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdaprov Sulut Muhammad Rudi Mokoginta, SE, MTP.
Gubernur Sulut Olly Dondokambey dalam sambutan tertulisnya menekankan, Hari Kesehatan Jiwa Sedunia Tahun 2018 harus dijadikan momentum bersama untuk meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Terlebih penanganan bagi mereka yang memiliki masalah kejiwaan.
Karena dengan begitu, bakal mendukung pembangunan kesehatan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).
Lanjutnya, hidup sehat adalah dambaan setiap orang. Karena sehat menggambarkan kondisi sejahtera seseorang secara fisik, kejiwaan, maupun sosial supaya produktif di setiap aspek kehidupan.
Menjalankan pola hidup sehat juga memastikan seseorang bisa terhindar dari berbagai penyakit maupun gangguan mental. Karena tanpa kesehatan, seseorang tidak akan mampu memperoleh hak-hak lain.
Olly berpesan, penanganan gangguan mental yang dideteksi dalam kelompok masyarakat, harus dilakukan lintas sektor. Di dalamnya membangkitkan semangat dan menguatkan komitmen, tekad dan semangat, untuk menyadarkan dan menggerakkan masyarakat terkait pentingnya kesehatan jiwa.
"Jika itu terlaksana baik, pastilah visi pemerintah menjadikan Sulut berdikari dalam ekonomi, berdaulat dalam politik, dan berkepribadian dalam budaya, niscaya terwujud," pungkasnya.
Pembukaan kegiatan akbar bertema 'Generasi Muda yang Bahagia, Tangguh, dan Sehat Jiwa Menghadapi Perubahan Dunia', mendapat dukungan sejumlah pihak terkait.
Dengan kehadiran Pengarah Kesehatan Jiwa Provinsi Sulut dr, Mieke Rumambi, MPH, Plt Asisten II Setdakot Manado dr. Robby Mottoh, Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tjahja Rediantana, Kabid Pembina Pendidikan Khusus Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan Sulawesi Utara Dra. Sutarti Ponto, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sulut dr. Steaven Dandel, MPH, serta Direktur RSJ Prof VL Ratumbuysang dr. Vonny Dumingan. (hukormas/ch*)