VALIDASI DATA INDIKATOR MUTU RSUP Prof Dr. R.D KANDOU MANADO

Sat, 31 Aug, 2019


Validitas merupakan derajat ketepatan antara data yang terjadi pada obyek yang diukur dengan data yang dilaporkan oleh pengumpul data.
Data yang valid dapat diperoleh melalui alat ukur yang valid dan proses pengumpulan data yang benar (menggunakan teknik pengukuran yang sama oleh dua orang yang berbeda, yaitu pengumpul data dan validator)

Untuk menjamin keakuratan data indikator mutu rumah sakit, Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) RSUP Prof Dr.R.D Kandou Manado bersama pengumpul data pertama dan validator menyelenggarakan proses validasi data. Data yang harus divalidasi adalah data Indikator Area Klinis (IAK), yaitu : Angka Kelengkapan Asesmen Awal Medis Dalam 24 Jam Pada Pasien Rawat Inap, Angka Asesmen Awal Keperawatan Dalam 24 Jam Pada Pasien Rawat Inap, Angka Kepatuhan Reasesmen Nyeri Pada Pasien Rawat Inap, Angka Kepatuhan Reasesmen Risiko Jatuh Pada Pasien Rawat Inap, Angka Kelengkapan Pasien Emergency di IGD, Angka Kelengkapan Pengisian Berkas Rekam Medis Pasien Saat Pasien Dinyatatakan Pulang dan Kelengkapan Laporan Operasi. Validasi dilakukan dengan menggunakan metode Measure Category Agreement (MCA), dan dari hasil validasi diperoleh nilai kesepakatan antara pengumpul data pertama dan validator adalah 100%. Ini berarti data yang dikumpulkan tersebut akurat (valid), sehingga bisa dilakukan analisis.