Dalam Rangka Hari Keselamatan se Dunia RSUP Kandou Gelar Aksi

Thu, 17 Sep, 2020


Dalam rangka Hari Keselamatan Pasien (World Pastient Safety Day) yang jatuh pada tanggal 17 September 2020, dan mendukung upaya peningkatan tenaga kesehatan dan pasien di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Indonesia, RSUP Prof Kandou Manado Menggelar aksi gerakan 3 M, (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun/handscrub, dan menjaga jarak), Kamis 17/09/20 di halaman kantor pusat RSUP Kandou Manado.

Kegiatan tersebut di lakukan secara serentak di seluruh Republik Indonesia dengan mengacu surat edaran dengan nomor HK.02.02./VI/3462/2020, Tentang dukungan fasilitas pelayanan kesehatan dan dalam rangka gerakan nasional peduli keselamatan tenaga kesehatan.

Direktur Utama RSUP Prof kandou Manado Dr.dr.Jimmy Panelewen,Sp-B-KBD, dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan gerakan peduli kesehatan yang di lakukan kementrian kesehatan adalah gerakan strategis untuk melindungi pegawai di masing masing institusi kesehatan.
" RSUP Kandou Manado selaku elemen kemenentrian Kesehatan yang melayani pasien-pasien dengan resikonya tertular untuk tenaga kesehatan Sebagai garda terdepan,
yang memiliki faktor risiko yang sangat tinggi terpapar COVID-19. Untuk itu diperlukan upaya untuk meningkatkan kesadaran bersama tentang pentingnya keselamatan tenaga kesehatan dalam hubungannya dengan keselamatan pasien"kata Dirut.

Untuk itu menurut Direktur Utama dr, Jimmy Panelewen, Kondisi disaat Pandemi 19 inj menjadi moment yang sangat penting bagi kita semua untuk menjaga diri kita

"Saat ini kita masuk di era kehidupan yang baru, adaptasi kebiasaan baru,
Kita harus melindungi diri teman dan orang yang ada di sekitar kita dan Pola hidup sehat yang harus kita terapkan di era new normal ini adalah dengan selalu menggunakan masker saat bepergian. Dengan mengenakan masker, diharapkan dapat memperlambat serta mencegah penyebaran virus dari satu orang ke orang lainnya.

Lanjut Direktur Utama yang di damping oleh Direktur SDM,Pendidikan Dan Umum.
Dr.dr.Ivonne Elisabeth Rotty,M Kes, Direktur Perencanaan Keuangan dan BMN
Dewi Anggraini,SE,MM, Direktur Pelayanan Medik. Keperawatan dan Penunjang
dr.Jeheskiel Panjaitan, Selain itu, penggunaan masker juga harus disertai dengan upaya social atau physical distancing. Saat harus bepergian keluar rumah, pastikan untuk selalu menjaga jarak dengan orang lain dan menghindari melakukan kontak fisik dalam jarak dekat"ujar Dirut.
Direktur juga menambahkan bahwa "Pastient Safety" bukan hanya pasien yang kita rawat tapi kita juga harus merawat sendiri agar tidak terpapar dari penyakit.Kuncinya.(Hukormas)