RSUD Tani dan Nelayan Boalemo Kaji Banding di RSUP Prof Kandou Manado

Fri, 27 Nov, 2020


RSUPKANDOU.COM, MANADO - Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan dalam hal penerapan aplikasi SIM RS dan peningkatan mutu layanan rekam medis untuk menunjang akreditasi SNARS 1.1 pada tahun 2021, sejumlah staff RSUD Tani dan Nelayan Kabupaten Boalemo, melakukan kaji banding di RSUP Prof Kandou Manado, Jumat (26/11/2020).

"Kami dengan senang hati menerima teman-teman dari Rumah Sakit Tani dan Nelayan (RSTN),Kabupaten Boalemo disini untuk sama-sam kita belajar. Meski dalam suasana pandemi begini, pasti sulit melakukan perjalanan antar provinsi saat sekrang ini. Beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk itulah kami dengan kerendahan hati menyambut teman-teman dari RSUD Tani dan Nelayan Boalemo," kata dr.Hanry Takasenseran, di dampingi Kepala Bagian Pendidikan dan Penelitian Irwan Kuwulusan SH, Kepala Bagian Sumber Daya Manusia Ns Suwandi I Luneto ,S.kep M kes, Kepala Sub Bagian Pendidikan dan Pelatihan Jemmy Sambul,SE.

Ia juga mengatakan, sebagai rumah sakit umum pusat, RSUP Prof Kandou harus menaungi beberapa rumah sakit daerah di wilayah Sulut, Gorontalo, Papua dan Maluku, sebagai bentuk institusi vertikal dalam pengembangan rumah sakit.

"Mengapa kementerian kesehatan menyarankan RSUP Prof Kandou sebagai salah satu rumah sakit percontohan, karena kami sudah terakreditasi paripurna KARS, dan akreditasi internasional JSI. Untuk itu, sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk bersama-sama dengan rumah sakit yang dalam persiapan akreditasi untuk memberikan pelayanan dan pembimbingan," ujar Dokter Hanry.

Sementara, untuk Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) dan rekam medis RSUP Prof Kandou sudah dilakukan dengan pengelolaan mandiri.

"SIRS sudah dikerjakan mandiri tanpa pihak ketiga, dan untuk rekam medis, kami sementara menuju penggunaan rekam medis elektronik (E-Rekam Medis) yang sudah mengurangi penggunaan kertas, dan lebih mudah dijangkau oleh kalangan umum," jelasnya.

Sementara Marsela Dumbela SSi.MM, selaku sekretaris RSTN Kabupaten Boalemo Provinsi Gorontalo,mengucapkan terima kasih kepada pimpinan RSUP Kandou yang sudah menerima kami untuk belajar di RSUP Kandou.

"Terima kasih kami sampaikan kepada pimpinan RSUP Kandou yang sudah menerima kami datang belajar ke sini, kami butuh pembelajaran terkait rekam medis dan secara tehnik alur pelayanan mulai dari loket pendaftaran,pengantaran berkas ke ruangan poliklinik,sistim rujukan, admission IGB alur kewajiban pasien,cara menerima pasien yang BPJSnya tidak aktif,dan informasi informasi lainnya terkait SIRS.Itu yang kami butuhkan untuk persiapan akreditasi tahun 2021.pungkasnya.(Hukormas)