RSUP Kandou Gelar Pelatihan SDM untuk Tenaga Kesehatan dalam Program UBM

Tue, 11 Jun, 2024


RSUPKANDOU.COM, MANADO--RSUP Prof dr R.D kandaou Manado melalui bagian pendidikan dan pelatihan (Diklat) bekerja sama dengan dinas kesehatan kabupaten Minahasa Selatan, menggelar pelatihan sumber daya manusia (SDM) untuk tenaga kesehatan dalam upaya berhenti merokok (UBM) di fasilitasi pelayanan kesehatan primer,Selasa (11/06)

Acara pelatihan ini belangsung selama 4 hari (11-14 Juni) di Hotel Aston Manado,dibuka Direktur Utama RS Kandou, Dr.dr Ivonne Elisabeth Rotty,M.Kes.

Dalam sambutannya Dirut Ivonne Rotty memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan yang sudah mempercayakan RS Kandou untuk menjadi mitra pelatihan kesehatan. Dirut menyampaikan, mengacu dari regulasi yang dikeluarkan oleh kementerian kesehatan bahwa setiap pelatihan, penyelenggara diklatnya harus terstandarisasi dan terakreditasi.

"RSUP Kandou sendiri sudah terakreditasi untuk diklatnya, satu satunya rumah sakit di Sulut yang sudah terakreditasi," ungkap Dirut.

Terkait dengan pelatihan Usaha Berhenti Merokok, Dirut mengatakan pihaknya akan membentuk unit untuk menunjang program pemerintah terkait UBM. 

"Rumah sakit sudah ada instalasi promosi kesehatan yang bisa melakukan konseling dan edukasi kesehatan,"ujar Rotty.

Menurut Dirut Ivonne dampak dari merokok sangat besar yang menyebabkan kerusakan organ dalam tubuh manusia salah satunya jantung, sehingga UBM harus ada keterpaduan antara promotif prefentif rehabilitasi dan terapi. 

"Setelah dilakukan konseling seharusnya dilanjutkan dengan terapi bagi seorang perokok," Pungkasnya. Sembari menambahkan bahwa kesadaran diri sendiri untuk berhenti merokok itu yang terutama untuk menunjang program dari pemerintah.Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan tenaga kesehatan akan semakin mampu memberikan layanan yang berkualitas dan mendukung upaya pencegahan serta pengendalian masalah kesehatan terkait merokok di masyarakat. Program ini juga menjadi langkah positif dalam mempromosikan gaya hidup sehat dan mengurangi dampak buruk merokok bagi kesehatan masyarakat.

Turut hadir pejabat peninjau Manajer Tim Kerja OSDM RS Kandou, Ns Abram Babakal,S,Kep.M,Kes, Manajer Tim Kerja Pelayanan Medik, dr Wiyono, Manajer, Manajer Tim Kerja Pelayanan Keperawatan, Ns Jefry Bawotong,S,Kep,M,Kes, dan Kabit P2P Dinas Kesehatan Minahasa Selatan, dr Tonny Rawis.


(Humas Kandou)