GRAND FINAL DUTA MUTU, HAND HYGIENE & KANDOU GOT TALENT

Sat, 18 Nov, 2017


MANADO- Puncak dari seluruh rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 Tahun 2017 digelar di Atrium Mantos 3 Sabtu, 18 November 2017. Grand Final Duta Mutu dan Keselamatan Pasien, Hand Hygiene serta Kandou Got Talent yang diselenggarakan oleh RSUP Prof. dr. R. D. Kandou Manado berlangsung meriah. Kegiatan yang menampilkan lomba duta mutu, hand hygiene, serta Kandou Got Talent ditata begitu apik oleh Panitia dan dipandu oleh Master of Ceremony Christian dan dr. Syekinah mampu menarik pengunjung setia Mantos untuk menyaksikan penampilan para finalis malam itu. Direktur Utama RSUP Kandou dr. Maxi R. Rondonuwu, DHSM, MARS mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk memperkuat kebersamaan di antara sesama pegawai rumah sakit. Juga untuk memperkenalkan pelayanan dan kelebihan rumah sakit pada masyarakat. Dia berharap, dengan momentum HKN ke-53 semua komponen yang ada di RSUP Kandou, untuk tetap semangat dan terus meningkatkan kualitas kerja dan bergandeng tangan bekerjasama untuk mensukseskan akreditasi JCI, ungkapnya. Ketua Panitia Dr. dr. David Kaunang, Sp.A(K) menambahkan, ada banyak kategori yang dilombakan di antaranya, parade yel-yel, hand hygiene, Kandou Got Talent, duta mutu dan keselamatan pasien, catur, tenis meja dan lain sebagainya.
Lanjutnya, yang menjadi peserta adalah semua unsur yang ada dalam rumah sakit. Mulai dari pimpinan, pejabat struktural, pejabat fungsional, dokter, tim medis, perawat, CoAss, petugas administrasi, cleaning service, dan juga security. “Semuanya menjadi peserta dalam lomba, karena bagi RSUP Kandou bukan hanya dokter yang menjadi inti dari rumah sakit, namun semua orang yang berada di lingkungan tersebut, termasuk security,’’ jelasnya. Adapun yang menjadi juri dalam kegiatan grand final tersebut adalah Choken Rumthe, Delce Lendo, SPd, Astrid Tatumpe, SH, MH, Dr. dr. David Kaunang, Sp.A(K), dr. Ronny Tumbel, Sp.THT-KL, dr. Ivonne E. Rotty serta Ns. Ellen Garusu, S.Kep, MARS. Dikatakan pula
kegiatan ini sebagai ajang RSUP Kandou untuk memperkenalkan ke masyarakat tentang eksistensi rumah sakit sendiri baik bagi masyarakat. “RSUP mempunyai beberapa keunggulan pelayanan, di antaranya pelayanan jantung, kanker, bedah tulang belakang, endoscopy, PICU, dan juga NICU. Semua keunggulan ini terus dimaksimalkan untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan pasien,’’ tutupnya.
dr. Clief Runtung Residen Pediatrik yang dinobatkan menjadi Duta Mutu dan Keselamatan Pasien pada malam grand final mengatakan, dengan tugas yang diembankan sebagai duta mutu dan keselamatan pasien akan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab. Ia mengatakan berbicara tentang pelayanan, semua rumah sakit sudah melakukan pelayanan, namun tidak semua pelayanan yang diberikan benar-benar bermutu. Di sini lah tugas saya dan teman saya dr. Anita Rahmawati Residen Interna akan memperkenalkan pada semua pasien dan juga para dokter bagaimana cara melayani masyarakat dengan cepat, tapi mutu dan keselamatan sendiri tetap menjadi yang utama. Semoga dengan gelar duta yang saya miliki, dapat membuat RSUP Kandou menjadi rumah sakit yang lebih baik dan memuaskan pasien serta menjadi kebanggaan masyarakat Sulawesi Utara dan sekitarnya, pungkasnya. (hukormas)