MAHASISWA PRAKTEK WAJIB KUASAI EMPAT MATERI WORKSHOP BHD, PMKP,PPI DAN K3RS

Tue, 24 Sep, 2019


Kegiatan Workshop Bantuan Hidup Dasar (BHD), Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), Pengendalian Penyakit Infeksi (PPI) dan Keselamatan Pasien Kesehatan Kerja Rumah Sakit (K3RS) kepada 35 Mahasiswa D-IV Kebidanan Poltekkes Manado di RSUP Prof.Dr.R.D. Kandou Manado dibuka oleh Plh. Direktur Utama dr. Celestinus Eigya Munthe, Sp.KJ.M.Kes, didampingi oleh Direktur SDM dan Pendidikan Dr.dr.Ivonne E. Rotty, M.Kes, Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Manado Atik Purwandani, SKM,M.Kes, Kabag Diklit Irwan kawulusan, SH, dan Kepala Instalasi Diklat Dra. Sisca Hutadjulu, MSi. bertempat di Aula RSUP Kandou Manado 24 – 27 September 2019

Ke-35 Mahasiswa D-IV Kebidanan Poltekkes Manado ini akan melakukan praktek lapangan di RSUP Kandou selama satu bulan dan wajib mengikuti workshop BHD, PMKP,PPI dan K3RS sebagai ketrampilan dasar dalam berinteraksi dengan pasien serta untuk memberikan pengetahuan pada Mahasiswa terhadap pengelolaan kasus-kasus di Rumah Sakit, serta menciptakan Tim Kerja yang optimal pada Mahasiswa.

dr.Celestinus dalam sambutannya mengatakan “Dalam melaksanakan tugas praktek lapangan setiap mahasiswa wajib menguasai ke empat materi yang akan diberikan dalam Workshop ini yakni BHD, PMKP,PPI dan K3RS seperti bagaimana kita berinteraksi dengan pasien agar pasien benar-benar merasa betul-betul dijamin keselamatannya melalui tindakan serta point – point penting yang kita akan lakukan, kemudian bagaimana caranya kita mengatasi penularan kuman dirumah sakit lewat materi PPI serta bagaimana caranya kita mengamankan diri kita sendiri, serta mengamankan dan menyelamatkan pasien itu serta semua yang ada disekitar rumah sakit lewat materi K3RS.

Dikatakan pula ke empat materi ini tidak hanya dikuasai oleh adik-adik mahasiswa namun juga semua komponen yang ada dirumah sakit wajib menguasai materi in, oleh karena itu Munthe mengharapkan agar workshop ini benar-benar diikui dengan baik karena nantinya kemanapun kalian akan pergi untuk bekerja di rumah sakit manapu juga setelah selesai kuliah pasti ke empat materi ini harus benar-benar dikuasai, apalagi bagi rumah sakit yang telah terakreditasi materi seperti ini wajib dikuasai. Dan satu hal penting juga yang di ingatkan Munthe bagi Mahasiswa agar dalam bertugas dilapangan harus menerapkan yang Namanya 3S yakni Senyum, Salam dan Sapa dan tetap focus pada pasien serta bekerja secara professional.
Tak lupa juga Munthe memberikan apresiasi kepada pihak Poltekkes Manado karena sampai saat ini masih mempercayakan Rumah Sakit Kandou sebagai mitra terhadap peningkatan Pendidikan Imbuhnya, Usai dilakukan pembukaan serta penerimaan Mahasiswa Praktek dilanjutkan dengan Materi Nilai-nilai dari Revolusi Mental Bidang Kesehatan yakni Integritas, Kerja Keras dan Gotong Royong yang disampaikan oleh Direktur SDM dan Pendidikan Dr.dr.Ivonne E. Rotty, M.Kes. dan nantinya akan dilanjutkan dengan materi – materi lain yang akan disampailan oleh para narasumber yang berkompeten dalam bidangnya.
(hukormas/ch*)