Dirut RSUP Kandou Manado Suport Program Aplikasi Temandiri

Tue, 29 Sep, 2020


RSUPKANDOU.COM, MANADO - RSUP Prof Dr RD Kandou menggelar kegiatan sosialisasi Komunikasi,Informasi dan Edukasi Proyek Perubahan secara daring, yang di pimpin langsung oleh Dr dr Ivonne E Rotty Mkes selaku Direktur SDM Pendidikan dan Umum RSUP Prof Dr RD Kandou Manado.

Direktur Utama (Dir Dirut) RSUP Prof Dr RD Kandou, Dr dr Jimmy Panelewen Sp,B-KBD secara daring memberikan arahan dan sambutannya. Dalam sambutan Dirut mengucapkan selamat dan terimakasih kepada Dr Ivonne selaku Direktur SDM Pendidikan Dan Umum dan juga pemilik proyek ini. “Saya mengucapkan terimakasih dan selamat kepada Dr Ivonne yang sudah bekerja keras dalam mengusung serta mengawal proyek perubahan ini, sehingga dapat terlaksana dengan sukses,” ungkap Dirut.

Kegiatan yang dilaksanakan Selasa,(29/9/2020)di gedung Aula lantai dua RSUP Prof Dr RD Kandou di ikuti oleh Prof dr Abdul Kadir,PhD,Sp,THT-KL (K) MARS, selaku Plt Direktur Jendral Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, dr Ashar Jaya SKM. MARS selaku Sekretaris Jendral Pelayanan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI,drg Inda Torisia Hatang, MKM selaku Plt Kepala Biro Kepegawaian Kementrian Kesehatan RI, dr Hendrik Daniel Manueke, MKes, selaku ketua dewan pengawas RSUP Kandou Manado, dr Debby Kalalo, MSc,PH selaku Kepala Dinas Propinsi Sulawesi Utara, para Direktur Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta Daerah Sulawesi Utara dan kabupaten kota, serta para ketua komite.

Pada kesempatan itu, Direktur Jendral (Dirjen), Kepala biro kepeg dan Dewan Pengawas (Dewas)juga memberikan motivasi dan dukungan atas program aplikasi Temandiri. Produk Temandiri ini akan terintegrasi dengan Biro kepegwaian Kementerian Kesehatan.

Dirjen akan mengeluarkan kebijakan sistem manajemen data dan evaluasi terintegrasi ini akan digunakan oleh Rumah Sakit vertikal dan Rumah Sakit daerah lainnya akan menjadi percontohan bagi semua Rumah Sakit yang ada.

Kegitan yang di beri tema ” Sistem Menejemen Dan Edukasi Kinerja Terintegrasi” di jelaskan oleh dr Ivonne proyek ini bukan hanya sekedar aplikasi tetapi merupakan sebuah strategi kebijakan bagaimana sistem manajemen data mengevaluasi kinerja terintegrasi, artinya terintegrasi bukan hanya di RS Kandou tetapi juga di Kementrian Kesehatan.

“Fakta yg kami dapatkan RS Kandou telah mendapatkan banyak keberhasilan yang terakreditasi baik tingkat nasional dan internasional dengan adanya peralatan – peralatan yang canggih dan juga tenaga – tenaga profesional di bidangnya dan juga RS Kandou menganut kepercayaan
LIMA (5) K yakni Kasih, Kekeluargaan, Komitmen, Kerjasama dan saling Keterbukaan,” terangnya.

Lanjut Dr Ivonne mengatakan yang kami dapatkan tahun ini setelah kami melakukan analisa SWOT (Strengths Weaknesses Opportunities Threats), kami menemukan menejemen data yang belum terintegrasi sehingga layanan ini belum maksimal, contohnya kenaikan pangkat, kenaikan berkala dan juga SK pensiun yang terlambat serta evaluasi kerja yang di lakukan secara manual juga belum maksimal, inilah yang kami usung untuk proyek perubahan.

“Tentunya harapan Proyek Perubahan ini mencapai tujuan dan manfaatnya seperti yang di ucapkan oleh Dirut RSUP Prof Dr. R.D. Kandou Dr dr Jimmy Panelewen, Sp, B-KBD. “Bukan sekedar aplikasi tetapi manfaatnya akan meningkatkan pelayanan, meningkatkan keselamatan pasien yang tentu di dalamnya termasuk keselamatan staf dan kesejahteraan SDM terjamin karena di dalam produk ini menejemen data akan terintegrasi dan transparansi akan Sampai kepada SDM yang bersangkutan melalui smart phone mereka”, pungkas Dr Ivonne.

Dr Ivonne juga dengan penuh kerendahan hati mengungkapkan bahwa dia tidak bisa bekerja sendiri. “Tentunya saya tidak bisa bekerja sendiri, saya di dukung oleh teman – teman dan tim serta seluruh SDM yang ada di RSUP Kandou dan terutama promotor saya Dirut RSUP Kandou Dr dr Jimmy Panelewen, Sp,B-KBD dan seluruh kepala Rumah Sakit yang ada di SULUT serta pihak yang terkait lainya,”terangnya.

Sebelum menutup kegitan ini Dr. dr. Ivonne mengucapkan terimakasih serta meminta dukungan kepada seluruh jajaran yang terkait atas terlaksananya kegiatan ini. ” Saya mengucapkan terimakasih serta meminta dukungannya, dan tak lupa mengingatkan kita untuk selalu menerapkan protokol kesehatan tiga (3) M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dan yang pasti Tuhan menyertai kita semua”, tutupnya.(HUKORMAS)