Bahas Penanggulangan Covid-19, PERSI Sulut Gelar Rapat di Awal Tahun

Wed, 06 Jan, 2021


RSUPKANDOU.COM, MANADO--Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) Sulut, menggelar rapat perdana tahun 2021. Rapat di pimpin Direktur Utama RSUP Prof Dr.R.D Kandou Manado, Dr.dr, Jimmy Panelewen,Sp-B.KBD, Selaku ketua PERSI Sulut, Rabu 06/01/2021,Secara virtual

Dalam rapat tersebut ketua PERSI Sulut, Dr.dr.Jimmy Panelewen Sp-B. KBD, mengatakan ada beberapa hal penting yang harus sampaikan kepada pimpinan pimpinan rumah sakit di sulawesi utara terkait antisipasi peningkatan pasien covid-19. "Yang pertama Kementerian kesehatan berkonsentrasi untuk mengantisipasi lonjakan pasien pasca liburan Natal dan tahun baru. Antisipasi tersebut di mintakan semua Rumah Sakit pemerintah,Rumah Sakit TNI POLRI, Rumah sakit swasta,Untuk menyiapkan minimal 30 persen dari jumlah tempat tidurnya di dedikasikan untuk pasien covid.Yang kedua arahan dari Kementerian Kesehatan agar kita punya komitmen bersama untuk melindungi tenaga kesehatan (Nakes) dengan cara ketersediaan fasilitas proteksi diri (APD).Sehingga semua Nakes terakomodasi penyediaan alat proteksi diri."Tukasnya.

Lanjut Panelewen, Keterpaparan Nakes di setiap rumah sakit harus di minimalisasi." Jadwal kerja dari Nakes di masing masing Rumah Sakit harus di atur jeda istirahatnya agar kontak tenaga kesehatan dengan pasien covid bisa lebih singkat." Ujar Dirut Panelewen.

Dia juga meminta kepada semua pimpinan Rumah Sakit yang ada di Sulut untuk tetap menjaga ketersediaan obat. " Untuk antisipasi peningkatan pasien yang signifikan sediaan obat obat, oksigen sarana prasarana, bahan habis pakai semuanya bisa tersedia agar pelayanan tetap jalan dengan baik."Pungkasnya, Sembari meminta di internal Rumah Sakit masing masing untuk menyesuaikan penambahan ruangan dengan jumlah tenaga kesehatan sesuai dengan kewenangan yang berlaku.(Hukormas)