Bantu Bencana Tagulandang RSUP Kandou Kirim Bantuan Nakes

Fri, 19 Apr, 2024


RSUPKANDOU.COM, MANADO-Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang mengalami bencana alam gunung ruang meletus di Tagulandang, RS R.D Kandou Manado akan mengirim tenaga kesehatan (Nakes) ke daerah kepulauan tersebut. Hal itu disampaikan Direktur Utama RS R.D Kandou Manado, Dr.dr Ivonne Elisabeth Rotty,M.Kes, melalui Manager Tim Kerja Pelayanan Medik, dr Wiyono.

Wiyono menjelaskan bahwa tim Nakes terdiri dari 4 dokter residen bedah, dua dokter umum 4 perawat dan seorang apoteker yang berjumlah 12 orang akan berangkat menuju Tagulandang,Senin 22 April 2024.

"Kami akan memberangkatkan 12 tenaga kesehatan untuk membantu masyarakat yang terdampak erupsi gunung ruang Tagulandang," ujar dr Wiyono, (Jumat 19/04) diruang kerjanya.

Setibanya mereka disana nantinya akan bergabung dengan tim dan bertugas selama 5 hari untuk melakukan pelayanan pada korban (pasien),pencarian korban, penanganan korban dan melakukan pemilahan pasien. Untuk pasien yang tidak bisa ditangani di tempat maka harus di rujuk ke rumah sakit tipe A, tipe B atau tipe C dan melakukan koordinasi dengan rumah sakit yang akan di rujuk.

"Melihat perkembangan apabila masih status tanggap darurat mereka akan ditarik dan kami akan kirim tim lain," pungkasnya.***(Humas Kandou)