Dirut Panelewen Buka Pelaksanaan Vaksin Covid-19 di RSUP Kandou Manado

Mon, 18 Jan, 2021


RSUPKANDOU.COM, MANADO - Direktur Utama Prof Dr.dr.Jimmy Panelewen,Sp.B-KBD membuka pelaksanaan vaksin Covid-19 di RSUP Prof.Dr.R.D.Kandou Manado, hari ini Senin (18/01/2021).

"Mulai hari ini besok dan diperkirakan sampai satu bulan kedepan RSUP Kandou Manado melaksanakan vaksinasi covid-19," kata Dirut Panelewen saat menyampaikan sambutan, didampingi Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI dr.Imran Agus Nurali, Sp.KO, dewan Direksi dan Pejabat terkait lainya.

Dirut menjelaskan, tahap pertama pelaksanaan vaksin hari ini dilakukan kepada petugas medis di lingkungan RSUP Prof Kandou.

"Saat ini dilakukan vaksin kepada dua ribuan petugas medis di rumah sakit dan dari 20 orang pertama yang dilakukan vaksin, belum ada yang kami namakan KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi)," ujar Panelewen.

Dirinya mengatakan, pelaksanaan vaksinasi saat ini menjadi permulaan untuk masyarakat menghadapi pandemi ini.

"Setelah dilakukan berbagai penelitian di bidang medis oleh para ahli dan profesional, vaksinasi adalah cara efektif dan satu-satunya jalan untuk meredam dan memutuskan rantai penularan virus ini," ujarnya.

Menurut Dirut, karena bersifat baru, vaksin mendapatkan respon yang defensif dari berbagai kalangan masyarakat. Namun, saya tegaskan kembali, bahwa vaksin adalah satu-satunya cara kita melawan pandemi ini.

"Untuk itu kepada petugas medis, saya menghimbau marilah kita untuk manjadi agent yang melakukan edukasi kepada masyarakat terkait nilai-nilai atau value dari proses vaksinasi ini. Untuk itulah alasan kenapa pemerintah memberikan penghargaan kepada tenaga medis untuk menerima vaksin ini pertama kali," Pungkasnya.(Hukormas)